Mandiri Manajemen Investasi: Ada Peserta "Tax Amnesty" yang Langsung Memasukkan Dana 12 Juta Dollar AS

Kompas.com - 30/11/2016, 17:09 WIB
Peluncuran reksa dana syariah global oleh Mandiri Manajemen Investasi, Rabu (30/11/2016). KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SetiyawanPeluncuran reksa dana syariah global oleh Mandiri Manajemen Investasi, Rabu (30/11/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Manajemen Investasi merupakan salah satu manajemen investasi yang ditunjuk pemerintah sebagai penampung dana program pengampunan pajak atau tax amnesty.

Hingga penghujung tahun 2016 ini, Mandiri Manajemen Investasi sudah melayani peserta program amnesti pajak yang memulangkan dananya ke Indonesia.

Direktur Utama Mandiri Manajemen Investasi Muhammad Hanif menjelaskan, ada peserta yang langsung memasukkan dananya sebesar 12 juta hingga 15 juta dollar AS.

"Beberapa ada yang sudah kontrak, sudah tanda tangan, tapi asetnya belum (masuk)," kata Hanif di Hotel Ritz Carlton Pacifi Place Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Hanif mengungkapkan, ada pula peserta amnesti pajak yang memasukkan hartanya dalam bentuk surat utang dalam denominasi dollar AS. Menurut dia, sebagian besar peserta yang memanfaatkan layanan yang disediakan Mandiri Manajemen Investasi lebih memilih produk dengan denominasi dollar AS.

"Sepertinya mereka lebih memilih ke denominasi dollar AS dan tidak mau convert ke rupiah. Mereka memang punya uangnya dalam dollar AS, kalau dikonversi ke rupiah ada risiko kurs," jelas Hanif.

Hanif mengaku, hal tersebut cukup lumrah terjadi di antara peserta amnesti pajak. Hal ini pun sebagian besar terjadi pada peserta amnesti pajak yang memulangkan hartanya dari luar negeri. Ada beberapa produk yang diminati peserta amnesti pajak.

Ia menyebut, beberapa waktu lalu pihaknya melayani peserta amnesti pajak yang menempatkan dananya dalam bentuk reksa dana penyertaan terbatas (RDPT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.