Kompas.com - 01/12/2016, 18:04 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta melaporkan, inflasi DKI Jakarta masih bergerak stabil.

Inflasi DKI Jakarta pada November 2016 tercatat 0,24 persen secara bulanan (mtm), lebih rendah dibandingkan inflasi nasional yang mencapai 0,47 persen (mtm).

"Perkembangan tersebut relatif stabil, baik dibandingkan bulan sebelumnya maupun rata-rata inflasi bulan November dalam lima tahun terakhir," kata Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Doni P Joewono dalam keterangan resmi, Kamis (1/12/2016).

Laju inflasi DKI Jakarta mencapai 2,09 persen (ytd), lebih rendah dari nasional yang sebesar 2,59 persen (ytd).

Relatif stabilnya inflasi Jakarta pada bulan November 2016 didukung oleh inflasi kelompok inti yang bergerak stabil sejak awal tahun 2016.

Kelompok administered prices (komoditas yang harganya dikendalikan oleh pemerintah) pada bulan November 2016 juga bergerak relatif stabil, setelah sebelumnya mengalami kenaikan cukup tinggi.

Kenaikan harga pada BBM nonsubsidi (pertamax dan pertamax plus) per 16 November 2016 telah menyebabkan inflasi komoditas bensin sebesar 0,41 persen (mtm).

Selain itu, kenaikan cukai rokok secara berkala yang dilakukan semenjak awal tahun 2016, juga turut menyebabkan inflasi pada rokok kretek sebesar 0,98 persen (mtm).

Sementara, deflasi terjadi pada subkelompok transportasi, yaitu deflasi angkutan udara sebesar 1,76 persen (mtm) dan deflasi tarif kereta api sebesar 0,75 persen (mtm). 

"Tidak adanya faktor musiman sepanjang November 2016 ikut mendukung pencapaian inflasi administered price yang stabil," jelas Doni.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.