Kompas.com - 01/12/2016, 18:16 WIB
Ilustrasi air minum langsung dari keran ThinkstockIlustrasi air minum langsung dari keran
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Kalangan pelaku industri dan masyarakat sama-sama mempunyai harapan untuk memperluas gaya hidup hemat air  agar ketersediaan air bersih tetap terus terjaga. Pesan ini mengemuka saat Lotte Foundation bekerja sama dengan Rumah Zakat (RZ) meluncurkan program pembangunan sarana air bersih atau water well, kemarin.

Ihwal air bersih yang masuk dalam program pelayanan sanitasi bagi masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) dalam catatannya pada laman www.pu.go.id menunjukkan bahwa pada 2019 target tersebut baru terpenuhi 100 persen. Dana yang diperlukan mencapai Rp 380 triliun. Program yang digelar adalah Program Percepatan Pembangunan Sanitasi (PPSP) dan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK).

Pada perwujudannya, setiap kabupaten/kota harus menyusun SSK. Kini dari 520 kabupaten/kota, yang sudah punya SSK baru  349  kabupaten/kota.  Saat ini baru ada 224 kabupaten/kota yang sudah mendeklarasikan peduli sanitasi. Pemerintah kabupaten/kota itu akan mengalokasikan dananya sebesar 2 persen dari anggaran.

Sementara itu, pada program kali ini, Lotte Foundation dan RZ membangun lima sarana air bersih pada lima lokasi yang berbeda, yaitu Gandaria, Taman Surya, Kuningan City, Kelapa Gading, dan Pakuwon Surabaya. Dalam kesempatan yang sama, Lotte Foundation juga menggelar pelayanan kesehatan gratis  yang diikuti oleh 200 penerima manfaat. Tidak hanya itu, penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh tim Medis RZ digelar pada kesempatan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.