Kompas.com - 02/12/2016, 15:30 WIB
Direktur Pelayanan dan Penyuluhan (P2) Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama di Jakarta, Senin (14/11/2016). Yoga SukmanaDirektur Pelayanan dan Penyuluhan (P2) Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama di Jakarta, Senin (14/11/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak tetap akan mengejar perusahaan-perusahaan yang memiliki utang pajak, tidak terkecuali perusahaan pekat merah atau BUMN. "BUMN seperti juga perusahaan lain.

Dulu ada BUMN penerbangan pesawatnya disita sama Dirjen Pajak," ujar Direktur Pelayanan dan Penyuluhan (P2) Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Menurut Hestu, Ditjen Pajak tidak akan membeda-bedakan nama perusahaan swasta atau BUMN. Bila perusahaan punya utang pajak, maka Ditjen Pajak tetap akan mengejarnya.

Bagi Ditjen Pajak, perlakukan sama itu perlu dilakukan agar tidak ada persepsi ketidakadilan dalam penegakan hukum perpajakan di Indonesia.

"Aset BUMN bisa disita. Persis (sama dengan swasta juga)," kata Hestu Yoga.

Ditjen Pajak akan terus menagih utang pajak perusahaan-perubahan plat merah yang merupakan wajib pajak badan tersebut.

Penagihan akan dilakukan melalui kantor wilayah wajib pajak tersebut terdaftar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumya, ucap Hestu Yoga, ada juga BUMN yang mau menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk membayar utang pajak. Namun ditolak oleh Menteri Keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.