Empat Upaya Menhub untuk Optimalkan Operasional Terminal Pulogebang

Kompas.com - 04/12/2016, 22:25 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (4/12/2016), mengunjungi Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Dalam kunjungannya, Budi Karya menyatakan ada empat upaya untuk mengoptimalkan pengoperasian Terminal Pulogebang. Pasalnya, saat ini pengoperasian Terminal Pulogebang belum optimal, itu dilihat dari masih sedikitnya perusahaan otobus (PO) yang menjadikan Terminal Pulogebang sebagai titik kedatangan dan keberangkatan.

Upaya pertama, pemerintah akan menutup semua terminal bayangan yang terdapat di sekitar Terminal Pulogebang. Penutupan terminal bayangan ini ditargekan akan terealisasi pada Rabu (7/12/2016).

"Saya tugaskan Pak Direktur Jenderal Perhubungan Darat, terminal bayangan selama tiga hari harus ditutup. Kedua adalah terkait dukungan dari fasilitas seperti makanan. Saya juga minta PD Pasar Jaya menyediakan (pedagang)," ujar Budi Karya. 

Lanjut ketiga, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bekasi untuk menyiapkan angkutan pengumpan atau feeder dari Bekasi ke Terminal Pulogebang

"Keempat terkait dengan Informasi dan Teknologi. Tinggal finalisasi, pak Gubernur sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk menyelesaikan IT," kata mantan Direktur PT Angkasa Pura II ini. 

Kendati demikian, Karya, secara bangunan fisik Terminal Pulogebang tidak mempunyai masalah. Menhub memastikan, peresmian kembali Terminal Pulogebang akan diselenggarakan pada 20 Desember 2016. 

"Kami ingin memastikan bahwa terminal Pulo Gebang ini akan dioperasikan 20 Desember 2016. Makanya empat hal tadi kita selesaikan. Minggu depan kita akan lakukan sosialiasi. Tanggal 10 ada sosialisasi insentif," ujarnya.

Sekadar informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tengah melakukan pembenahan terhadap Terminal Pulogebang. Dalam pembenahan Terminal Pulogebang, Pemprov DKI menggelontorkan dana mencapai sekitar Rp 145 miliar. Terminal tersebut sebenarnya sudah diresmikan dan mulai beroperasi sejak Juni 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.