Harga Minyak Mentah Dunia Naik, Subsidi "Biofuel" Jadi Lebih Ringan

Kompas.com - 06/12/2016, 20:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak dunia pada beberapa hari perdagangan paska-kesepakatan organisasi negara-negara eksportir minyak (OPEC) meningkat signifikan.

Bahkan pada awal pekan ini, harga acuan minyak mentah menyentuh level tertinggi sejak Juli 2015 di level 54 dollar AS per barel.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Bayu Krishnamurti mengatakan, kenaikan harga minyak mentah (crude) ini bagus untuk subsidi biofuel.

Pasalnya, harga minyak mentah yang tinggi membuat pemerintah cukup mengeluarkan sedikit subsidi agar harga biofuel, seperti biodiesel, bisa kompetitif dengan bahan bakar minyak (BBM).

Penjelasannya, semakin rendah harga BBM, berarti makin jauh selisihnya dengan biofuel. Agar biofuel menarik konsumen sebagai alternatif BBM, maka harganya perlu disubsidi.

Sebaliknya, makin tinggi harga BBM, maka subsidi yang dibutuhkan untuk membuat biofuel menarik konsumen pun makin kecil.

"Alhamdulillah sedikit lebih ringan (subsidinya)," kata Bayu di sela-sela Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Bayu mencontohkan, pada dua bulan lalu rata-rata harga minyak mentah mencapai 40 dollar AS per barel. Dengan harga minyak sawit atau CPO sebesar 700 dollar AS per metric ton (MT), maka subsidi yang diberikan mencapai Rp 5.500 per liter.

Belakangan, ketika harga minyak mentah merangkak naik menjadi kisaran 50 dollar AS, meski harga CPO sedikit turun jadi 650 dollar AS per MT, subsidi yang dikucurkan hanya Rp 4.500 per MT.

Kenaikan harga minyak mentah yang menembus 54 dollar AS per barel pekan ini bisa menurunkan angka subsidi biofuel. Sayangnya, kenaikan harga minyak mentah tersebut diyakini masih bisa bergerak turun lagi akibat lemahnya permintaan. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.