Sambut 2017, MAMI Sarankan Investor Reksa Dana Susun Ulang Portofolio

Kompas.com - 07/12/2016, 12:23 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang 2017, investor reksa dana disarankan untuk melakukan evaluasi portofolio investasi pada reksa dananya. Sebab pada 2017, diperkirakan pemulihan pasar masih terus berlanjut seiring dengan naiknya ketidakpastian global.

Putut Endro Andanawarih, Director of Business Development Manulife Asset Management (MAMI) mengatakan, memasuki 2017 saatnya bagi investor reksa dana untuk mulai menyesuaikan portofolio investasinya berdasarkan tujuan investasi dan profil risiko.

Menurut dia, investor yang memiliki jangka waktu investasi panjang dan menginginkan imbal hasil investasi yang tinggi, dapat berinvestasi di reksa dana saham.

Investor yang memiliki tujuan jangka menengah dapat berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap. Sementara investor yang menginginkan tingkat likuiditas tinggi namun menginginkan hasil investasi di atas deposito, dapat memanfaatkan reksa dana pasar uang.

"Bagi investor yang memiliki profil risiko agresif dapat menginvestasikan 50 persen-70 persen dana investasi di reksa dana saham," kata Putut dalam acara Market Outlook 2017: Embracing Changes di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Selain itu, dia juga menyarankan bagi investor dengan profil agresif untuk menempatkan 20 persen-30 persen dananya di reksa dana pendapatan tetap. Dan 10 persen-20 persen di reksa dana pasar uang.

"Investor sebaiknya tidak menempatkan dananya di satu reksa dana saja. Yang sangat penting untuk investasi adalah mengetahui alokasi aset dan time horizon," lanjut Putut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun depan MAMI memperkirakan indeks akan bertumbuh 15 persen-17,5 persen dibandingkan IHSG di 2016. Return obligasi bertumbuh 10 persen-11 persen.

BI 7 days reverse repo rate di tahun depan diperkirakan 4,75 persen sampai 5 persen. Sementara tahun depan keadaan ekonomi politik mereda paska Pilkada.

Kompas TV Kapan Waktu Yang Tepat Berinvestasi Reksa Dana?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.