Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan 1.065 Kapal untuk Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 07/12/2016, 15:56 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan 1.065 kapal laut untuk musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.  

Sejumlah kapal tersebut, terdiri dari masing-masing kapal Pelni sebanyak 26 unit, kapal roll on-roll off (Ro-Ro) 22 unit, dan kapal perintis sebanyak 96 unit.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono mengatakan, Kemenhub juga menyiapkan kapal jarak dekat untuk daerah seperti Riau dan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara sebanyak 859 unit.  

"Total seat (kursi) pada 1.065 kapal yang tersedia untuk musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 sebanyak tiga juta kursi," ujar Tonny dalam Konferensi pers persiapan angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2017 di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu (7/12/2016). 

Tonny menuturkan, Kemenhub juga telah melakukan uji petik semua kapal yang disediakan. Uji petik, terang Tonny, dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan penumpang transportasi laut.  

"Uji petik dilakukan juga untuk memastikan standar aspek kapal sesuai dengan peraturan. Kami juga memastikan anak buah kapal (ABK) dalam kondisi baik dan siap mendukung keselamatan dan keamanan," tuturnya.  

Dalam libur akhir tahun ini, Tonny memprediksikan jumlah penumpang akan meningkat 2 persen dari 840.000 penumpang menjadi 856 ribu penumpang.  

"Ada 11 pelabuhan yang kami prediksikan mengalami kepadatan, antara lain Pelabuhan Merak, Makassar, Belawan, Balikpapan, Nunukan, Ambon, Tanjung Mas, Tanjung Perak, Sorong, Batam, dan Lembar," tandasnya.

Kompas TV Penyebab Kemacetan Parah Saat Libur Natal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com