Kompas.com - 07/12/2016, 15:56 WIB
Para penumpang turun dari kapal Nggapulu di dermaga Namlea, Pulau Buru, Maluku, Rabu (19/6/2013). Dermaga Namlea menjadi pintu gerbang keluar masuk Pulau Buru. KOMPAS/RADITYA HELABUMIPara penumpang turun dari kapal Nggapulu di dermaga Namlea, Pulau Buru, Maluku, Rabu (19/6/2013). Dermaga Namlea menjadi pintu gerbang keluar masuk Pulau Buru.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan 1.065 kapal laut untuk musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.  

Sejumlah kapal tersebut, terdiri dari masing-masing kapal Pelni sebanyak 26 unit, kapal roll on-roll off (Ro-Ro) 22 unit, dan kapal perintis sebanyak 96 unit.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono mengatakan, Kemenhub juga menyiapkan kapal jarak dekat untuk daerah seperti Riau dan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara sebanyak 859 unit.  

"Total seat (kursi) pada 1.065 kapal yang tersedia untuk musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 sebanyak tiga juta kursi," ujar Tonny dalam Konferensi pers persiapan angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2017 di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu (7/12/2016). 

Tonny menuturkan, Kemenhub juga telah melakukan uji petik semua kapal yang disediakan. Uji petik, terang Tonny, dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan penumpang transportasi laut.  

"Uji petik dilakukan juga untuk memastikan standar aspek kapal sesuai dengan peraturan. Kami juga memastikan anak buah kapal (ABK) dalam kondisi baik dan siap mendukung keselamatan dan keamanan," tuturnya.  

Dalam libur akhir tahun ini, Tonny memprediksikan jumlah penumpang akan meningkat 2 persen dari 840.000 penumpang menjadi 856 ribu penumpang.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada 11 pelabuhan yang kami prediksikan mengalami kepadatan, antara lain Pelabuhan Merak, Makassar, Belawan, Balikpapan, Nunukan, Ambon, Tanjung Mas, Tanjung Perak, Sorong, Batam, dan Lembar," tandasnya.

Kompas TV Penyebab Kemacetan Parah Saat Libur Natal
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.