CIMB Niaga Pimpin Sindikasi Pembiayaan Sintesa Group

Kompas.com - 08/12/2016, 10:30 WIB
Kompas TV Laba CIMB Niaga Meroket 224%
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk memimpin sindikasi pembiayaan bagi Sintesa Group, di bidang energi ramah lingkungan di Indonesia. 

Pembiayaan tersebut digunakan untuk pengembangan bisnis energi, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Gunung Megang di Muara Enim, Sumatera Selatan milik PT Meppogen, salah satu anak perusahaan Sintesa Group.

CIMB Niaga bertindak sebagai Mandated Lead Arranger dan Bookrunner, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan PT Indonesia Infrastructure Finance sebagai Lead Arrangers.

Dana sebesar 145 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,9 triliun dikucurkan kepada PT Meppogen guna mendukung ekspansi PLTGU Gunung Megang dari 110 MW menjadi 150 MW.

Dalam pembiayaan sindikasi ini, CIMB Niaga juga berperan sebagai agen fasilitas dan agen jaminan.

Peran aktif untuk membiayai proyek pembangkit listrik melalui pembiayaan sindikasi ini, merupakan wujud komitmen CIMB Niaga maupun unit usaha syariahnya (CIMB Niaga Syariah) dalam mendukung upaya pemerintah untuk pengembangan infrastruktur khususnya di sektor energi yang ramah lingkungan di Indonesia.

"Kami berharap agar masyarakat luas dapat memperoleh listrik untuk memenuhi kebutuhan hidup serta mendorong kegiatan perekonomian," kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan dalam pernyataan resmi, Rabu (7/12/2016).

Selain fasilitas pembiayaan, lanjut Tigor, perseroan juga menyediakan fasilitas perbankan lainnya kepada PT Meppogen seperti fasilitas trading, biz-channel, agency services, serta produk-produk foreign exchange dan lindung nilai alias hedging.

“Kami menawarkan produk dan solusi bisnis yang inovatif untuk memberikan nilai tambah serta meningkatkan pelayanan terutama dari sisi peningkatan efisiensi pengelolaan keuangan PT Meppo-gen,” ujar Tigor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.