Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekonomi Berbasis Lingkungan, Leonardo DiCaprio Bertemu Trump

Kompas.com - 08/12/2016, 20:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Aktor dan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio beserta pimpinan yayasan yang didirikannya bertemu dengan presiden terpilih AS Donald Trump.

Dalam pertemuan tersebut, Dicaprio dan Trump mendiskusikan bagaimana melestarikan lingkungan dapat mendorong perekonomian AS. Mengutip CNBC, Kamis (8/12/2016), CEO Leonardo DiCaprio Foundation Terry Tamminen mengonfirmasi pertemuan antara sang aktor dengan Trump di Trump Tower, New York.

Ia dan DiCaprio memberikan presentasi kepada Trump, putri Trump Ivanka, dan beberapa anggota tim transisi Trump. Dalam presentasi tersebut, DiCaprio dan Tamminen memfokuskan diri tentang bagaimana energi bersih dan terbarukan dapat menciptakan jutaan lapangan kerja.

"Kami mempresentasikan sebuah bingkai kerja di hadapan presiden terpilih dan para penasihatnya, yang merinci mengenai bagaimana mendorong kebangkitan ekonomi di seluruh AS yang berpusat pada investasi di bidang infrastruktur berkelanjutan," jelas Tamminen.

Ia mengungkapkan, pembicaraan antara DiCaprio dengan Trump pun fokus pada penciptaan jutaan lapangan kerja AS dengan penuh aspek keselamatan di bidang konstuksi dan operasional infrastruktur energi untuk komersial maupun residensial yang bersih dan terbarukan.

Pertemuan antara DiCaprio dan Trump berlangsung sekira 90 menit. Tamminen sebelumnya merupakan sekretaris Agensi Perlindungan Lingkungan California di bawah pemerintahan mantan Gubernur Arnold Schwarzenegger.

Menurut Tamminen, Trump bersikap reseptif dan menyatakan mereka harus kembali melakukan pertemuan pada bulan Januari 2017 mendatang.

"Kami menantikan untuk melanjutkan pembicaraan dengan pemerintahan berikutnya sejalan dengan upaya kami untuk menghentikan pergerakan perubahan iklim yang berbahaya sekaligus pada saat bersamaan menciptakan jutaan lapangan kerja," tutur Tamminen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com