Libur Natal dan Tahun Baru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 11,5 Triliun

Kompas.com - 12/12/2016, 16:16 WIB
Ilustrasi: Nasabah menarik uang di ATM. KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi: Nasabah menarik uang di ATM.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) menyiapkan dana sebesar Rp 11,5 triliun guna memenuhi kebutuhan dana masyarakat pada hari raya Natal dan perayaan Tahun Baru 2017.

Jumlah dana yang disiapkan perseroan tersebut meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan memperhitungkan faktor inflasi dan proyeksi kenaikan kebutuhan nasabah dari tahun lalu.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengungkapkan, dari jumlah dana yang disiapkan tersebut, sebanyak 75 persen dialokasikan untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri (ATM).

Adapun 25 persen di antaranya dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan di kantor cabang. Pendistribusian dana difokuskan pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), yakni 60 persen dari total dana yang disiapkan.

Di samping itu, wilayah-wilayah lain yang membutuhkan dana dalam jumlah besar antara lain, Surabaya, Bandung, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Pendistribusian dana difokuskan pada 19 hingga 30 Desember2016. Pasalnya, pada rentang waktu tersebut, transaksi masyarakat diperkirakan akan meningkat untuk pemenuhan kebutuhan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Rohan menyebut, Bank Mandiri juga memastikan kecukupan pasokan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan menjelang Natal dan tahun baru dapat tetap terjaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan dana nasabah, kami juga menyiapkan pasokan dana sebesar Rp 800 miliar per hari untuk mengisi mesin ATM sejak satu pekan sebelum Hari Natal. Jumlah tersebut naik sekitar 20 persen dari rata-rata harian pasokan dana ATM pada tahun lalu,” kata Rohan dalam pernyataan resmi, Senin (12/12/2016).

Menurut Rohan, Bank Mandiri telah menerapkan sistem Cash Management dan sistem monitoring operasional seluruh ATM untuk memastikan ketersediaan uang dalam ATM.

Dengan menerapkan sistem tersebut, kenaikan kebutuhan kas ATM maupun permasalahan ATM akibat perubahan pola belanja nasabah dapat diminimalisir dan ditangani secepatnya, sehingga ATM Mandiri akan selalu ready for use bagi nasabah.

Rohan menambahkan, seluruh jaringan 2.505 kantor cabang Bank Mandiri akan tetap beroperasi normal pada hari kerja hingga akhir tahun 2016, kecuali pada libur natal dan tahun baru.

Adapun pada cuti bersama 26 Desember 2016, sebanyak 198 kantor cabang akan beroperasi secara bergiliran untuk memberikan layanan perbankan terbatas dan menerima pembayaran delivery order SPBU-SPBU Pertamina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.