Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Siap Layani Penumpang Pada Musim Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 13/12/2016, 07:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) menyatakan kesiapannya untuk melayani penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Perseroan terus berkoordinas dengan pemangku kepentingan lainnya seperti maskapai, Bea dan Cukai, Imigrasi, TNI dan Polri, Karantina, serta Otoritas untuk memastikan kelancaran operasional bandara dan penerbangan pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pada Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sejumlah bandara di lingkungan AP II sudah beroperasi dengan terminal baru. 

Seperti Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Terminal Baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, dan juga Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Kami meyakini terminal-terminal baru ini akan berdampak positif dalam meningkatkan pelayanan khususnya dalam hal kapasitas daya tampung penumpang pada masa peak season seperti di akhir tahun," ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis, Senin (12/12/2016).

Awaluddin menuturkan, penumpang pesawat sekarang juga dapat mengakses secara mudah berbagai informasi penerbangan, tenant komersial di terminal, dan informasi-informasi penting lainnya terkait seluruh bandara di bawah AP II. 

Caranya, yakni dengan mengunduh aplikasi Indonesia Airports melalui Google Playstore. Sehingga, hal ini dapat mempermudah dan memperlancar perjalanan penumpang pada musim libur ini.

"Aplikasi ini adalah layanan terbaru kami guna meningkatkan pelayanan sekaligus bagian dari kampanye Smart Airport. Bagi penumpang yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini juga dapat menikmati layanan konektivitas WiFi super cepat hingga 50 Mbps," tuturnya.

Terkait jumlah penumpang, Awaluddin memperkirakan, pergerakan penumpang di 13 bandara di lingkungan AP II mencapai 4,18 juta penumpang atau meningkat sekitar 9 persen dibandingkan dengan rata-rata pergerakan di hari normal.

Sementara, pergerakan pesawat diperkirakan naik 4,54 persen atau dari 28.220 pergerakan menjadi 29.502 pergerakan.

"Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 2,64 juta penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.530 pergerakan," imbuhnya.

Dirinya juga mengungkapkan, arus puncak sendiri diperkirakan pada 23 Desember 2016, sedangkan arus balik bertepatan pada Tahun Baru 1 Januari 2017.

"Kami mengimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara," tandasnya.

Kompas TV Rosianna Silalahi Adu Berbahasa Palembang dengan Dirut Angkasa Pura II.mov

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com