Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini Soemarno: Pertamina, Tolong Bersinergi Lebih Erat dengan PLN

Kompas.com - 13/12/2016, 11:21 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk bersinergi lebih erat.

Permintaan Rini tersebut bukan tanpa alasan, mengingat jika dua perusahaan pelat merah ini memiliki keeratan dalam bersinergi, maka akan mampu menekan ongkos produksi (cost) produk-produk yang dihasilkan.

"Saya pesan ke Pertmaina, tolong bersinergi lebih erat dengan PLN. Kalau dapat bersama-sama maka masyarakat Indonesia akan lebih sejahtera. Karena cost listrik jadi murah dan cost BBM bisa lebih efektif, efisien dan lebih murah," ujar Rini saat menghadiri Pertamina Energy Forum di Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Rini juga mendorong Pertamina untuk mengoptimalisasi sumber energi domestik, menggali potensi cadangan minyak dalam negeri, dan terus berkomitmen mengembangkan sumber energi baru dan terbarukan (EBT) , serta melakukan ekspansi usaha di luar negeri dengan perhitungan yang matang.

Namun juga diharapkan Pertamina tidak terlena dengan pencapaian di masa lalu dan terus meningkatkan kinerja di masa mendatang.

"Apabila pada saat ini berada di posisi lima besar dunia, kedepannya diharapkan dapat ditingkatkan ke posisi tiga besar," tandas Rini.

Kompas TV PLN Naikkan Harga Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com