Jadi Kandidat Kuat Menlu AS, CEO Exxon Mobil Harus Rela Bergaji Kecil

Kompas.com - 13/12/2016, 12:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Exxon Mobil Rex Tillerson menjadi kandidat kuat Menteri Luar Negeri (Menlu) AS pilihan presiden terpilih AS Donald Trump. Kalau memang Tillerson menjabat Menlu, maka ia harus rela gajinya turun drastis.

Sejak menjabat CEO Exxon Mobil pada tahun 2006 silam, Tillerson sudah menumpuk penghasilan 240 juta dollar AS.

Pada tahun 2015 saja, penghasilan Tillerson mencapai 24,3 juta dollar AS. Exxon Mobil pun memberikan beragam tunjangan dengan nilai fantastis untuk Tillerson.

Premi asuranji jiwa untuk Tillerson yang dibayar perusahaan minyak terbesar di dunia tersebut mencapai 96.000 dollar AS.

Tidak hanya itu, Tillerson juga diberi pesangon hampir 74.000 dollar AS berupa pesawat pribadi milik perusahaan kala bepergian untuk urusan pribadi.

Tillerson juga diperbolehkan menggunakan properti perusahaan bernilai sekira 24.000 dollar AS untuk rekreasi pribadi.

Mengutip CNN Money, Selasa (13/12/2016), Tillerson merupakan kandidat kuat Menlu AS dalam kabinet Trump.

Sumber membisikkan, keputusan akhir terkait menteri-menteri Trump kabarnya akan diumumkan pekan ini.

Tillerson memulai kariernya dari nol di Exxon Mobil hingga mencapai posisi penting untuk bisnis perusahaan minyak itu di Rusia.

Hubungan Tillerson dengan Rusia membuatnya terpilih sebagai CEO Exxon Mobil pada tahun 2006, menggantikan Lee Raymond.

Kalau terpilih sebagai menteri, maka Tillerson akan bergabung dalam jajaran jutawan dan miliarder yang dipilih Trump sebagai pejabat negara.

Sebelumnya, Trump menunjuk Andrew Puzder sebagai Menteri Tenaga Kerja. Puzder adalah CEO perusahaan yang memiliki jaringan restoran cepat saji Hardee's dan Carl's Jr. Pada tahun 2012 lalu, gaji pokok Puzder mencapai 1 juta dollar AS.

(Baca: Trump Isi Kabinet dengan Miliarder)

Kompas TV Rusia Diuntungkan Terpilihnya Donald Trump
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.