Kemenkop Bantu UKM Korban Gempa Aceh Dapat Restrukturisasi Kredit

Kompas.com - 14/12/2016, 20:55 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM siap memediasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi korban bencana gempa bumi di Aceh dengan pihak perbankan.

Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram mengatakan, mediasi dilakukan agar perbankan bisa merestrukturisasi utang pelaku UKM.

"Jadi pemerintah berkepentingan mempertemukan antara bank, pemda dan ketua-ketua kelompok UKM. Nanti mereka didatangi oleh bank untuk dikonseling," kata Agus di Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Agus menjelaskan, skema restrukturisasi tersebut misalnya dengan cara menunda jadwal pembayaran kredit.

Pihaknya berharap bank sebagai kreditor dapat menyesuaikan dengan kemampuan debitor korban bencana dalam membayar tunggakan.

Agus mengatakan, program mediasi akan dilakukan oleh dua deputi Kemenkop UKM yang akan segera ke lapangan. Keduanya yakni, Deputi bidang Restrukturisasi Usaha Yuana Sutyowati dan Deputi bidang Pembiayaan Braman Setyo.

Dalam pelaksanaanya, tim akan langsung meninjau Koperasi dan UKM yang terkena dampak bencana. Setelah itu, langkah mediasi akan dilakukan bersama Dinas Koperasi Provinsi maupun Kabupaten dan kepala-kepala cabang bank pelaksana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan para ketua kelompok UKM.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh, ada sembilan koperasi dan 965 UKM yang terkena dampak musibah gempa Aceh yang berasal dari tiga kabupaten yakni, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.