Impor Ponsel, Laptop, dan Senjata Naik pada November 2016

Kompas.com - 15/12/2016, 16:32 WIB
Deputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo, Jakarta, Kamis (1/9/2016). Estu Suryowati/KOMPAS.comDeputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo, Jakarta, Kamis (1/9/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibobo mengatakan, peningkatan terbesar impor nonmigas disumbang dari mesin, peralatan listrik, dan ponsel.

"Impor terbesar berasal dari mesin dan peralatan listrik senilai 210,3 juta dollar Amerika Serikat (AS). Selain itu juga impor ponsel," ujar Sasmito di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Penyumbang impor kedua adalah golongan mesin dan peralatan mekanik sebesar 149,8 juta dollar AS. Dalam golongan ini mencakup komputer jinjing (laptop) dan notebook.

"Impor mesin dan peralatan mekanik seperti notebook nilainya 149,8 juta dollar AS, impor perhiasan permata juga naik menjadi 115,3 juta dollar," terangnya.

Selain itu, impor perangkat optik juga mengalami kenaikan menjadi 86,7 juta dollar AS dan impor senjata dan amunisi sebesar 51,3 juta dollar AS.

BPS mencatat impor Indonesia pada November 2016 mencapai 12,66 miliar dollar AS. Jumlah tersebut naik 9,88 persen dibanding periode tahun lalu sebesar 11,52 miliar dollar AS.

Sasmito merincikan, impor pada November 2016 terdiri dari 1,76 miliar dollar AS impor migas dan 10,90 miliar dollar AS impor nonmigas. Sementara dibanding realisasi Oktober 2015, kinerja impor November ini menanjak 10 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.