Badan Ekonomi Kreatif Perluas Jaringan ke Australia

Kompas.com - 15/12/2016, 20:09 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.comBadan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memperluas jaringannya ke Australia dengan menggandeng Adelaide Festival Centre Trust. Kedua institusi menandatangai perjanjian kerja sama pada Kamis (15/12/2016).

Adelaide Festival Centre Trust adalah penyelenggaran OzAsia, sebuah festival kesenian internasional pertama di Australia yang fokus terhadap seni kontemporer Asia.

OzAsia menyajikan program tahunan yang menampilkan teater, tari, musik, film, dan visual art dari Asia.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh wakil kedua belah pihak, yaitu Deputi IV Bidang Pemasaran Josua Puji Mulia Simanjuntak dari Bekraf dan Michael Abbott Pimpinan Festival The OzAsia, mewakili Adelaide Festival Centre Trust.

Kepala Bekraf Triawan Munaf antara lain mengatakan, melalui kerja sama ini, diharapkan seniman Indonesia dan hasil karya seniman Indonesia dapat dikenal dan bersaing di tingkat internasional, yaitu OzAsia Festival.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kolaborasi antara Bekraf dan Adelaide Festival Centre Trust sebagai penyelenggara OzAsia Festival," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Triawan berharap, agar OzAsia dapat menjadi wujud partisipasi seniman Indonesia dalam memperlihatkan karya seni mereka dan terjalinnya kerja sama seniman Indonesia dan seniman Australia. "Ratusan seniman tampil pada OzAsia 2016.

Sehingga, event bergengsi ini menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan karya seniman Indonesia,” katanya.

Kedua belah pihak akan bekerja sama memfasilitasi seniman Indonesia untuk berpartisipasi aktif di Oz Asia.

Demikian pula OzAsia akan melaporkan kepada Bekraf perihal jumlah penonton, penjualan tiket, jaringan industri, dan publikasi.

Perjanjian kerja sama ini berlaku dua tahun ke depan atau sampai dengan tanggal 15 Desember 2018.

Deputi VI Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah menambahkan bahwa perjanjian kerja sama ini dapat meningkatkan hubungan baik Indonesia dan Australia.

Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi seniman Indonesia yang akan tampil di OzAsia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.