Cerita dari Ribuan Kilometer Pemanfaatan Gas Bumi di Indonesia

Kompas.com - 16/12/2016, 21:52 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Sejak lahir, manusia selalu butuh energi untuk bertahan hidup. Dari memasak, mendapatkan penerangan, alat transportasi, hingga industri, butuh energi.

Sumber energi atau bahan bakar yang dipakai pun terus berkembang, sesuai peradaban dan perkembangan teknologi. Sebut saja kayu, kumparan listrik, minyak bumi, dan gas bumi, ada di deretannya.

Saat minyak ditemukan pada awal abad ke-20, orang beramai-ramai menggunakan jenis energi ini untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Namun, sejak cadangan minyak semakin berkurang—utamanyadi Indonesia,—pencarian sumber energi lain pun tak terelakkan.

Saat ini, gas bumi merupakan pilihan terdekat. Hingga 30-an tahun ke depan, Indonesia setidaknya masih memiliki cadangan terbukti gas sekitar 100 TCF.

Kompas.com mencoba mengungkap data dan fakta seputar penggunaan gas bumi di Indonesia, dengan menelisik pengalaman pelanggan gas bumi melalui jaringan pipa PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Terhitung mulai dari 15 Agustus hingga 27 Agustus 2016, Kompas.com menyusuri seluk-beluk layanan perusahaan tersebut di tiga kota, yakni Cirebon, Surabaya, dan Medan.


Kompas.com menyajikan benang merah peliputan ini dalam format multimedia Visual Interaktif Premium (VIP) berjudul Energi Baik untuk Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

VIP tersebut dapat disimak di kanal Visual Interaktif Kompas (VIK) di Kompas.com. Jangan terlewat pula menyimak kumpulan foto dan lima video bertutur di dalamnya.

Sebelumnya, pada pertengahan Mei 2016, Kompas.com juga bertandang ke Kampung Panawuan, Desa Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Cerita lebih mendalam dan mendetail tentang perjalanan ini juga Kompas.com catat dan sajikan dalam kumpulan topik pilihan Cerita Gas Baik dari Rumah Tangga sampai Industri, menggenapi topik pilihan Gas Baik untuk Indonesia.

Seperti apa cerita gas sebagai energi baik bagi Indonesia ini? Jangan lewatkan VIP Energi Baik untuk Indonesia....

Kompas Video Cerita Dari Ribuan Meter Pahlawan Gas Negara
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.