Kru Kabin British Airways Akan Lakukan Unjuk Rasa pada Hari Natal

Kompas.com - 18/12/2016, 16:00 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorM Fajar Marta

LONDON, KOMPAS.com - Kru kabin maskapai penerbangan Inggris British Airways yang berpusat di bandara Heathrow, Inggris akan melakukan aksi unjuk rasa pada hari raya Natal 25 Desember 2016 dan pada Boxing Day 26 Desember 2016.

Aksi tersebut dilakukan terkait tuntutan gaji dan persyaratan lainnya. Mengutip BBC, Minggu (18/12/2016), aksi unjuk rasa tersebut didukung oleh serikat pekerja.

Aksi ini pun dinyatakan bakal diikuti oleh 4.500 orang staf dari kontrak "penerbangan campuran" yang bergabung dengan British Airways sejak tahun 2010. Serikat pekerja menyatakan, para staf tersebut digaji lebih rendah dibandingkan staf lainnya.

Sementara, British Airways menyatakan aksi unjuk rasa tersebut tidak perlu dilakukan. Menurut pihak maskapai, semua penerbangan jarak jauh akan beroperasi secara normal dari bandara Gatwick.

British Airways pun menyatakan tengah menyusun rencana kontingensi untuk bandara Heathrow yang direncanakan dipublikasikan dalam waktu dekat.

Para kru kabin yang tergabung dalam serikat pekerja menolak kenaikan gaji sebesar 2 persen yang ditawarkan pada Rabu (14/12/2016) lalu.

British Airways menyebut, 1.200 orang staf yang ikut unjuk rasa merupakan 7 persen dari total kru yang dimiliki maskapai itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serikat pekerja beranggapan, gaji untuk para kru tersebut awalnya dinyatakan berkisar antara 21.000 hingga 25.000 poundsterling.

Akan tetapi, nyatanya gaji yang diterima hanya 12.000 poundsterling ditambah 3 poundsterling per jam terbang.

British Airways menyatakan telah mengajukan kenaikan gaji yang adil dan masuk akal, sejalan dengan gaji yang diterima oleh staf British Airways lainnya.

"Menurut kami, tuntutan yang diajukan serikat pekerja mengganggu rencana bepergian konsumen pada hari-hari yang sangat spesial ketika banyak keluarga berusaha untuk berkumpul atau merencanakan liburan," terang pihak British Airways.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.