Tarif Listrik dan BBM Naik di 2017, Pemerintah Siapkan Program Pengendali Inflasi

Kompas.com - 19/12/2016, 11:50 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang menyiapkan program pengendali inflasi 2017. Hal itu dilakukan lantaran ada rencana kenaikan tarif listrik dan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, pemerintah tidak ingin tingkat inflasi melebihi 4 persen lantaran adanya kenaikan tarif listrik dan BBM tahun depan.

"Memang kami betul-betul sedang mendalami datanya," ujar Darmin di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Nantinya, program pengendalian inflasi akan terfokus ke sektor pangan. Caranya yakni menjaga harga bahan kebutuhan pokok agar tetap stabil dan tidak mengalami lonjakan.

Seperti diketahui, harga pangan merupakan salah satu item penyumbang inflasi. Selain pangan, harga tarif listrik dan BBM juga termasuk item penyumbang inflasi.

"Kami ingin inflasi tidak melampui 4 persen. Itu artinya pangan harus dijaga dong," kata Darmin.

Meski begitu, pemerintah belum mau bicara banyak terkait teknis program pengendalian inflasi 2017. Darmin sendiri berjanji akan menjelaskan lebih rinci program tesebut jelang akhir tahun nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.