Kapal Listrik Sewaan PLN Siap Terangi Daratan Timor

Kompas.com - 19/12/2016, 15:15 WIB
Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant  Karadeniz  Zeynep Sultan sedang berlayar. PLNKapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant Karadeniz Zeynep Sultan sedang berlayar.
|
EditorAprillia Ika

KUPANG, KOMPAS.com -  Satu unit Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 60 megawatt (MW) yang disewa PLN tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Machnizon Masri, mengatakan, saat ini kapal pembangkit listrik ini masih melalui pemeriksan administrasi oleh imigrasi dan Balai Karantina.

"Setelah diperiksa kapal tersebut akan berpindah ke Pelabuhan Bolok dan menyuplai listrik ke Gardu Induk Bolok yang kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor," kata Masri kepada Kompas.com, Senin (19/12/2016).

Dengan kapasitas itu, lanjut Masri, pihaknya bisa menyuplai listrik ke seluruh daratan Timor, khususnya Timor bagian barat.

Masri menjelaskan, setelah diperiksa kapal tersebut akan berpindah ke Pelabuhan Bolok dan menyuplai listrik ke Gardu Induk Bolok yang kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor.

"Selain itu PLN akan membangun jaringan hingga ke Kabupaten Belu, karena saat ini Jaringan PLN baru sampai di Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)," ucapnya.

Masri mengurai, dengan tambahan kekuatan listrik sebesar 60 MW dari Kapal MVPP, maka akan terjadi surplus daya listrik di NTT, jika ditambah dengan IPP Bolok yang akan beroperasi sekitar di 2017 dengan kapasitas 16,5 x 2 MW.

"Diperkirakan pada 2017 mendatang akan ada tambahan daya 90 MW di luar dari beban puncak Kota Kupang yang sekarang mencapai 75 MW,"jelasnya.

Masri menilai, langkah cepat PLN ini untuk memenuhi kebutuhan listrik yang memadai di wilayah Kota Kupang dan diharapkan warga bisa menikmati listrik dengan baik.

(Baca: Kapal Pembangkit Listrik Tiba di NTT)

Kompas TV Pembangkit Listrik Tiongkok Roboh, 40 Tewas
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.