Jika Diberlakukan, Masa Transisi Redenominasi Rupiah 7 Tahun

Kompas.com - 19/12/2016, 19:22 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) hari ini meresmikan pengedaran uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Pada saat peluncuran tersebut, Gubernur BI Agus DW Martowardojo pun memohon dukungan Presiden Joko Widodo dalam penyelesaian Rancangan Undang-undang (RUU) Redenominasi Rupiah.

Agus menjelaskan, RUU Redenominasi Rupiah secara resmi sudah pernah diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari pemerintah pada tahun 2013 silam. Namun, karena beberapa faktor, RUU tersebut belum dapat diselesaikan.

“Salah satunya karena pada tahun 2013 kondisi ekonomi global sedang tidak pasti dan berdampak kepada Indonesia, sehingga tidak diselesaikan di 2013,” kata Agus di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Menurut Agus, RUU Redenominasi Rupiah memuat 18 pasal. RUU Redenominasi Rupiah pun sudah dimasukkan ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2017.

Agus mengungkapkan, redenominasi rupiah pada dasarnya adalah penyederhanaan nilai mata uang rupiah.

Menurut Agus, kalau memang RUU tersebut bisa disahkan pada tahun 2017 mendatang, tidak serta-merta perubahan besar langsung terjadi.

“Kalau itu disetujui akhir tahun 2017, perlu dua tahun untuk mempersiapkan uangnya. Kemudian ada masa transisi minimal 7 tahun,” ujar Agus.

Pada masa transisi tersebut, maka uang rupiah yang lama tetap beredar dan uang rupiah baru yang dicetak dan diterbitkan memiliki denominasi yang disederhanakan.

Pada saat bersamaan, harga barang dan jasa pun denominasinya disederhanakan. Bank sentral, imbuh Agus, meyakini periode transisi tidak berdampak kepada inflasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.