Jelang Libur Akhir Tahun, Bus AKAP Akan Diperiksa Terkait Kelaikan Jalan

Kompas.com - 20/12/2016, 05:58 WIB
Ilustrasi: pengecekan uji kelayakan bus antar kota antar provinsi menjelang Lebaran 2016 di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Senin (6/6/2016). KOMPAS.com/Nursita SariIlustrasi: pengecekan uji kelayakan bus antar kota antar provinsi menjelang Lebaran 2016 di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Senin (6/6/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengelola Transportasi Jabotabek (BPTJ) tengah memeriksa kesiapan atau ramp check angkutan umum, khususnya bus antar-kota antar-provinsi (AKAP).

Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan bus AKAP saat dioperasikan pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Kepala BPTJ, Elly Adriani Sinaga, mengatakan, pemeriksaan kesiapan dilakukan dengan menguji kelaikan kendaraan berdasarkan sampel. Salah satu yang diperiksa adalah rem tangan.

"Rem tangan jangan sampai tidak berfungsi. Lalu, ini musim hujan, maka wiper juga harus dicek benar-benar agar bisa digunakan," ujar Elly dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Tidak hanya bus AKAP. Elly mengatakan, BPTJ juga melakukan pengecekan kesehatan sopir bus AKAP. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan sopir sehat saat mengemudikan bus AKAP agar tidak terjadi kecelakaan.

"Untuk keselamatan, tidak ada tawar-menawar. Semua harus dicek betul dan dipastikan aman," imbuhnya.

Selain itu, BPTJ juga mendirikan posko layanan di lima terminal, yaitu Terminal Pulo Gebang, Terminal Pulo Gadung, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, dan Terminal Poris Plawad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, layanan posko juga diadakan di tiga gerbang tol utama, yakni Gerbang Tol Utama Cikarang, Gerbang Tol Utama Cimanggis, dan Gerbang Tol Utama Karang Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.