Kompas.com - 20/12/2016, 11:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia sudah secara resmi mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Akan tetapi, apakah masyarakat luas sudah bisa memperoleh uang NKRI desain baru tersebut melalui perbankan?

Corporate Secretary PT Bank Mandiri Persero (Tbk) Rohan Hafas mengakui, hingga saat ini nasabah Bank Mandiri belum bisa memperoleh uang NKRI tahun emisi 2016 melalui jaringan ATM perseroan. Akan tetapi, Rohan menyatakan, uang tersebut akan didistribusikan dalam waktu dekat, termasuk ke mesin-mesin ATM Bank Mandiri.

"Belum, secepatnya akan kami lakukan," kata Rohan ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (19/12/2016).

Rohan menjelaskan, mekanisme pendistribusian uang tunai secara umum, tidak terkecuali uang NKRI desain baru, adalah pada saat bank melakukan pengambilan uang tunai untuk kebutuhan kas sehari-sehari.

Pengambilan uang tersebut dilakukan di Bank Indonesia (BI). "Mengenai ketersediaannya dan waktu peredarannya, tentu kami menyesuaikan dengan BI," ujar Rohan.

Uang rupiah NKRI tahun emisi 2016 sudah diedarkan dan didistribusikan di 45 kantor perwakilan BI di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Di uang-uang desain baru tersebut terdapat gambar 12 pahlawan nasional, baik pada uang kertas maupun uang logam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.