Dua Kampung Paling Selatan Indonesia Dapat Listrik Gratis dari PLN

Kompas.com - 21/12/2016, 05:38 WIB
Meteran listrik. KOMPAS.com/SRI LESTARIMeteran listrik.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUPANG, KOMPAS.com – Dua Desa di di Pulau paling Selatan Indonesia, tepatnya di Pulau Rote, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat listrik gratis dari PLN.

General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bagian dari semangat PLN dalam menerangi sejumlah daerah yang belum tersentuh akses listrik.

“PLN Wilayah NTT meluncurkan penyalaan listrik pedesaan ini juga untuk mendukung momen Hari Listrik Nasional tahun 2016, sekaligus menjadi kado natal untuk Masyarakat di Kabupaten Rote Ndao,” kata Safkaur, kepada Kompas.com, Selasa (20/12/2016).

Menurut Safkaur, kegiatan ini merupakan tahap awal penyalaan listrik di dua Desa ini yang sudah siap disambung diantaranya di tiga gereja, satu kantor desa, dan empat rumah, dimana merupakan mandat dari Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusantara, untuk mempercepat kenaikan rasio elektrifikasi di NTT.

“Upaya yang dilakukan PLN dalam Penyalaan Listrik dengan pembangunan jaringan tegangan menengah sepanjang 7,8 kms, jaringan tegangan rendah 6,8 kms , dan membangun gardu distribusi sebanyak 3 buah untuk melistriki di dua desa tersebut,”ujarnya.

Menanggapi perhatian itu, Wakil Bupati Rote Ndao Jonas Lun mengaku sangat mengapresiasinya langkah yang dtempuh pihak PLN. Dengan penyalaan listrik ini diharapkan bisa mendongkrak taraf hidup warga.

"Ini adalah jawaban dari PLN yang terus menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat dimana Rote juga merupakan daerah pengembangan pariwisata dan destinasi nasional selancar yang terpopuler di Indonesia" jelas Jonas.

Dia mengaku, dampak positif dari tersambungnya jaringan listrik tersebut anak-anak jadi lebih rajin ke sekolah dan keluarga bisa meningkatkan taraf perekonomiannya. Jonas pun meminta kepada masyarakat di wilayahnya untuk bisa memanfaatkan listrik sebaik-sebaiknya.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat berterima kasih. Ini merupakan kado natal yang membawa terang dunia yang dibawa PLN dengan diawali penyalaan listrik di Desa Oenggaut dan Desa Boa, semoga kelak nantinya disepanjang Kabupaten Rote ke depan akan bersinar," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.