Kompas.com - 22/12/2016, 05:11 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo saat melakukan ramp check pesawat di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (21/12/2016). Achmad Fauzi/Kompas.comDirektur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo saat melakukan ramp check pesawat di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (21/12/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo, Rabu (21/12/2016), melakukan pemeriksaan kelaiakan pesawat atau ramp check di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Ramp check ini dilakukan untuk memastikan kelaikan pesawat untuk terbang jelang musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Didampingi Direktur Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara, Muzafar Ismail dan Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Bagus Sundjoyo, Suprasetyo memeriksa pesawat dan awak pesawat  berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

"Ini kelanjutan ramp check yang kami lakukan sebelumnya. Kami periksa pesawat tidak secara random, tetapi kami perika semuanya," ujar Suprasetyo usai melakukan ramp check. 

Adapun, beberapa aspek pesawat yang yang diperiksa antara lain, mesin pesawat, ruang cockpit dan kondisi kabin dan cockpit di pesawat. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan dokumen awak pesawat.

Setelah melakukan pengecekan, Suprasetyo memastikan kondisi semua pesawat dari berbagai maskapai sudah laik untuk melayani penerbangan pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017. 

Naik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah penumpang angkutan udara pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 meningkat 7 persen-8 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, jumlah penumpang pada musim libur tersebut sebesar 6,5 juta penumpang. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo mengatakan, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kenaikan jumlah penumpang pada musim libur tersebut. Tiga faktor itu yakni, cuaca, kondisi perekenomian, dan kondisi keamanan dalam negeri. 

"Jadi kalau cuaca dan perekenomina bagus, tetapi keamanan tidak kondusif tidak ada kenaikan penumpang," ujar Suprasetyo.

Kompas TV Persiapan Kepolisian Jelang Natal dan Tahun Baru
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.