Kompas.com - 22/12/2016, 12:00 WIB
Bank tertua di dunia Dok. Kontan, mps.itBank tertua di dunia
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.comPerbankan merupakan salah satu sendi perekonomian masyarakat modern saat ini. Menilik sejarahnya, peran bank terus berkembang mulai dari peran sederhana untuk menyimpan uang dan pemberi dana hingga peran yang lebih rumit.

Misalnya saja, membantu nasabahnya melakukan transaksi tanpa batas (lintas negara dan lintas benua) dan lintas waktu, bank juga dituntut untuk menerapkan teknologi mutakhir untuk mengantisipasi hadirnya teknologi aplikasi berbasis keuangan (fintech).

Di dunia terdapat sejumlah bank yang didirikan sekian abad lalu. Berikut 5 bank tertua di dunia versi Kontan.

1. Banca Monte Dei Paschi di Siena

Bank yang terletak di kota Siena, Italia, ini berdiri sejak abad pertengahan pada 1472. Dengan demikian, bank ini menjadi bank tertua di dunia. Bank ini juga memiliki nama terpanjang di dunia.

Pendiri bank ini adalah perusahaan keuangan Italia bernama Mount of Piet. Saat ini, bank ini memiliki total karyawan 25.731 orang.

Awalnya, bank ini dibentuk sebagai Monte di Pieta, atau Monte Pio, untuk memberikan pinjaman kepada orang miskin dari dana amal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2009-2013 bank ini harus kehilangan miliaran euro dana nasabahnya akibat kerugian derivatif yang dialami bank ini sebesar 73 juta euro. Namun, saat ini bank ini masih tetap beroperasi.

2. Berenberg Bank

Bank ini berdiri pada 1590, oleh dua bersaudara asal Belanda, Hans dan Paul Berenberg. Saat ini bank ini beralamat di Neuer Jungfernstieg 20 - 20354, Hamburg, Jerman.

Halaman:


Sumber KONTAN

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.