Kompas.com - 22/12/2016, 13:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, kontribusi sektor industri pengolahan non-migas memberikan kontribusi 17,82 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2016.

"Pertumbuhan industri ini ditopang oleh pertumbuhan masing-masing subsektor industri," ujar Airlangga saat jumpa pers akhir tahun Kementerian Perindustrian di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Menperin menjelaskan, tercatat ada empat subsektor industri yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB sektor industri non-migas.

"Industri makanan dan minuman sebesar 33,61 persen, industri barang logam, komputer, barang elektronik, optik, dan peralatan listrik sebesar 10,68 persen, industri alat angkutan sebesar 10,35 persen, serta industri kimia, farmasi da obat tradisional sebesar 10,05 persen," jelasnya.

Menperin menambahkan, dari sisi ekspor, pada periode Januari hingga November 2016, industri pengolahan non-migas membukukan nilai sebesar 99,65 miliar dollar AS atau memberikan kontribusi 76,3 persen terhadap ekspor nasional yang mencapai 130,65 miliar dollar AS.

“Kontribusi tersebut lebih besar bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 72,18 persen,” tutur Airlangga.

Sedangkan nilai impor industri pengolahan non-migas sebesar 97,98 miliar dollar AS pada Januari hingga November 2016 terdapat surplus neraca perdagangan sektor industri sebesar 1,67 miliar dollar AS.

Selanjutnya, menurut Airlangga, investasi sektor industri masih menjadi motor pertumbuhan sektor industri.

Pada Januari sampai September 2016 investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sektor industri mencapai Rp 75,41 triliun. Sedangkan investasi Penanaman Modal Asing (PMA) sektor industri mencapai 13,09 miliar dollar AS.

“Untuk jumlah tenaga kerja yang bergerak di sektor industri, mengalami peningkatan hingga Agustus 2016 sebesar 15,54 juta orang atau naik 1,87 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” pungkas Airlangga.

Kompas TV Ekspor Manufaktur Naik, Indonesia Surplus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.