Kompas.com - 23/12/2016, 07:00 WIB
Ilustrasi belanja online www.shutterstock.comIlustrasi belanja online
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Transaksi jual beli secara tatap muka sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak lama baik di pusat kota maupun di daerah. Bahkan di pelosok atau pedalaman-pedalaman terpencil masih sangat kental budaya barter, atau biasa dikenal dengan tukar menukar hasil bumi.

Belum sah jika, barang yang dibeli dan alat transaksi yakni uang tidak terlihat secara kasatmata. Proses transaksi jual beli pun bahkan di beberapa daerah harus disertai dengan kesepakatan yang ditandai dengan jabat tangan atau saling bertukar cendera mata atau buah tangan.

Namun, pada era yang serba canggih seperti saat ini, masyarakat yang paham akan penggunaan atau manfaat internet merasa sangat dimudahkan dengan adanya transaksi jual beli tanpa harus bertemu langsung dengan menghabiskan banyak waktu.

Masyarakat hanya tinggal memanfaatkan fasilitas yang disajikan di berbagai situs jual beli online untuk mendapatkan barang yang diinginkannya dengan cara yang sangat mudah.

Nilai Transaksi Melalui Situs Jual Beli Online Fantastis

Bank Indonesia mencatat sepanjang 2015, nilai transaksi di e-commerce Indonesia mencapai 3,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 45,50 triliun (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS).

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya 2,6 miliar dollar AS. Namun, untuk tahun 2016, angka resmi belum dirilis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nilai transaksi e-commerce cukup besar di Indonesia. Kalau fintech masih belum terlalu besar dan kami sejauh ini masih terus melakukan pendataan," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas.

Mengacu pada data BI, nilai transaksi e-commerce terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini didorong oleh tren naiknya belanja di kalangan kaum muda.

Sejauh ini, metode pembayaran masih didominasi mealui transfer perbankan, disusul dengan menggunakan kartu kredit.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.