Kunjungi Solo, Menhub Resmikan Terminal Tirtonadi

Kompas.com - 27/12/2016, 13:48 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (27/12/2016) kembali melakukan peninjauan ke daerah. Kali ini, Menhub mengunjungi kota Solo, Jawa Tengah. 

Menhub menuju Solo dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia Jakarta - Solo dan sampai pada pukul 10.30 WIB.

Sesampainya di Bandara Adi Soemarmo, Menhub langsung disambut oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. 

Selain itu, hadir juga Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro dan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Andriansyah Djokos.

Kunjungan Menhub kali ini untuk meresmikan kembali pengoperasian Terminal Penumpang Tipe A Tirtonadi Solo. Terminal tersebut direnovasi sejak tahun 2009.

"Kita harus terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun terminal seperti ini di daerah lain," ujarnya Budi Karya dalam sambutan. 

Meski belum sepenuhnya rampung, renovasi sejak 2009 telah membuat Terminal Tirtonadi terasa layaknya bandara.

Hal yang paling menonjol adalah lengkapnya fasilitas di dalam terminal. Layanan informasi, CCTV, ATM center, ruang tunggu ber-AC, layar LED jadwal pemberangkatan, hingga fasilitas khusus penyandang difabel tersedia di terminal itu. 

Bahkan Desember ini, sudah ada fasilitas sistem tiket elektronik atau e-ticketing. Artinya masyakarat bisa memesan tiket melalui gerai resmi, Payment Point Online Bank (PPOB), hingga aplikasi di smartphone.

Terminal Tirtonadi juga memiliki skybridge yang terhubung ke Stasiun Balapan Solo. Panjangnya mencapai 437 meter dengan ketinggian 5 meter. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.