Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Penumpang Angkutan Bus AKAP Turun 10-20 Persen

Kompas.com - 28/12/2016, 12:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan terjadi penurunan jumlah penumpang angkutan umum bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) sebesar 10-20 persen. Penurunan tersebut telah terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Budi Karya menerangkan, penurunan penumpang bus AKAP lebih disebabkan oleh fasilitas dan layanan terminal bus yang belum memadai, seperti kamar mandi yang tidak bersih. Sehingga, masyarakat enggan untuk mengunjungi terminal dan menggunakan bus.

Selain itu, faktor fasilitas dari bus AKAP juga mempengaruhi penurunan jumlah penumpang tersebut.

"Kalau sekarang kita lihat terminal rata-rata kamar mandinya jorok. Orang kan jadi males," ujarnya saat ditemui ‎Stasiun Tugu, Yogyakarta, Selasa (27/12/2016).

Maka dari itu, kata dia, untuk menaikan kembali jumlah penumpang diperlukan solusi yang terbaik. Salah satunya membenahi kembali semua terminal tipe A di Indonesia, seperti Terminal Tirtonadi.

Apalagi kepemilikan terminal tipe A kini sudah menjadi milik Kementerian Perhubungan. Sehingga, pihaknya memiliki kewenangan untuk melakukan pembenahan di semua terminal tipe A di Indonesia.

"‎Terminal-terminal harus melakukan pembenahan. Sebenarnya kalau dibikin bagus, banyak penumpang yang datang ke terminal," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com