Sasar UMKM, Bank DKI Buka "Outlet" di 3 Pasar Kelolaan PD Pasar Jaya

Kompas.com - 28/12/2016, 18:00 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (Bank DKI) merambah pasar-pasar yang dikelola PD Pasar Jaya untuk pemasaran produk dan layanannya guna meningkatkan intermediasi perbankan.

Untuk memasarkan produk dan layanannya, Bank DKI meresmikan sekaligus menempatkan kantor layanannya di Pasar Bukit Duri, Pasar Tomang, dan Pasar Cipulir.

"PD Pasar Jaya merupakan salah satu pemegang saham Bank DKI. Sebagai sesama BUMD DKI Jakarta, sinergi Bank DKI dan PD Pasar Jaya akan memberikan manfaat kepada pelaku UMKM di DKI Jakarta, khususnya para pedagang pasar tradisional yang dikelola oleh PD Pasar Jaya," ujar Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto, dalam siaran persnya, Rabu (28/12/2016).

Dengan diresmikannya kantor layanan di tiga pasar tersebut, maka Bank DKI secara keseluruhan telah memiliki 273 kantor layanan yang terdiri dari 33 kantor cabang konvensional, 3 cabang syariah, 61 cabang pembantu, 12 cabang pembantu syariah, 98 kantor kas konvensional, 6 kantor kas syariah, 46 payment point, dan 14 kantor fungsional.

Priagung menambahkan bahwa dari 148 pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya, jumlah kantor layanan Bank DKI yang berada di pasar kelolaan PD Pasar Jaya belum maksimal.

Maka dari itu, pihaknya berencana menambah jumlah kantor layanan Bank DKI yang berlokasi di pasar kelolaan PD Pasar Jaya tersebut.

"Jadi jumlahnya akan kami tambah terus hingga mencapai jumlah pasar yang ada di Jakarta," tutur Priagung.

Sekadar informasi, Bank DKI banyak melakukan kerja sama dengan PD Pasar Jaya, termasuk di antaranya pada Maret 2016, yang dalam hal ini Bank DKI menyalurkan kredit dengan total nilai Rp 1,5 miliar kepada 150 pedagang PD Pasar Jaya.

Pada Juni 2016, Bank DKI juga bekerja sama dengan PD Pasar Jaya untuk menyalurkan kredit kepada 489 debitor yang merupakan pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan total Rp 26 miliar.

Per Oktober 2016, total aset Bank DKI tercatat sebesar Rp 42,41 triliun, dengan dana pihak ketiga per Oktober 2016 sebesar Rp 30,38 triliun, dan penyaluran kredit sebesar Rp 24,36 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.