OJK: Pertumbuhan IHSG Terbaik Ke-5 di Dunia dan Ke-2 di Asia

Kompas.com - 30/12/2016, 13:02 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad KOMPAS.com/Sabrina AsrilKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih dalam kondisi yang baik.

Hingga 29 Desember 2016, IHSG ditutup pada posisi 5.302,7, meningkat 15,45 persen dibandingkan posisi penutupan periode yang sama tahun lalu.

“Pertumbuhan IHSG sebesar 15,45 persen tersebut merupakan pertumbuhan indeks terbaik kedua di Asia dan ranking kelima di dunia,” ungkap Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam konferensi pers akhir tahun 2016 di Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Muliaman menjelaskan, dari sisi pertambahan jumlah emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada tahun 2016 ini BEI berhasil menambah 16 emiten saham baru.

Menurut dia, ini adalah angka yang jauh lebih baik dibandingkan Bursa Efek Singapura dan Filipina, yang masing-masing justru kehilangan atau minus 10 dan 1 emiten pada tahun yang sama.

Muliaman pun mengungkapkan, industri reksa dana juga mengalami pertumbuhan yang cukup bersih.

NAB atau Nilai Aktiva Bersih reksa dana meningkat 22,66 persen menjadi Rp 333,61 triliun. Peningkatan juga terjadi pada jumlah dan nilai penawaran umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pasar modal kita berhasil memobilisasi dana melalui IPO (penawaran umum perdana) saham sebanyak 14 perusahaan dengan nilai sebesar Rp 12,07 triliun,’’ jelas Muliaman.

Adapun dana yang dimobilisasi melalui rights issue saham sebanyak 34 perusahaan sebesar Rp 68,06 triliun. 

Lalu, obligasi korporasi sebanyak 75 perusahaan sebesar Rp 115,46 triliun, dan total nilai penawaran umum selama 2016 sebesar Rp 194,74 triliun atau naik sebesar 68,94 persen dari tahun sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.