Kompas.com - 30/12/2016, 19:39 WIB
Direktur Operasional Airnav, Wisnu Darjon dalam Media Gatherin di Bogor (29/12) Achmad FauziDirektur Operasional Airnav, Wisnu Darjon dalam Media Gatherin di Bogor (29/12)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

BOGOR, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia akan membangun 11 menara pemandu lalu lintas atau Air Traffic Controller (ATC).

Direktur Operasional Airnav Indonesia, Wisnu Darjono menerangkan, pembangunan 11 menara tersebut untuk meningkatkan pelayanan pengaturan lintas udara di Indonesia. 

"Tahun depan hingga 2019 kami akan bangun tower di 11 bandara," ujar Wisnu dalam media gathering Airnav di Bogor, Kamis (29/12/2016). 

Adapun 11 bandara  yang akan dibangun menara ATC antara lain, Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Husein Sastranegara Bandung,  Bandara R.H. Fisabilillah Tanjung Pinang, Bandara Depati Amir Pangkal Pinang. 

Kemudian, Bandara Supadio Pontianak, Bandara  Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Mathilda Saumlaki, dan Bandara Kulon Progo Yogyakarta.

Wisnu mengungkapkan, dana yang dikeluarkan untuk membangun 11 ATC tersebut masuk ke dalam total anggaran modernisasi peralatan untuk tahun 2017 sebesar Rp 2,27 triliun.

Wisnu menambahkan, pembangunan ATC di Bandara Kulonprogo masih dalam tahap rencana. Hal ini disebabkan karena belum dijalankannya pembangunan Bandara Kulonprogo. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau Kulon Progo masih belum. Kalau bandaranya oke (penyelesaian pembangunan bandara), baru kita akan bangun (menara)," tandasnya. 

Sekadar informasi, AirNav Indonesia mengelola navigasi penerbangan di seluruh ruang udara Indonesia.

Pengelolaan navigasi penerbangan terbagi menjadi 2 Flight Information Region dengan 12.206 pergerakan per hari.  Hingga saat ini, AirNav Indonesia memiliki 41 antena radar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.