Harga Tiket Pesawat Jadi Penyumbang Inflasi Desember 2016

Kompas.com - 03/01/2017, 15:20 WIB
Ilustrasi pesawat terbang. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi pesawat terbang.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang Desember 2016 terjadi inflasi sebesar 0,42 persen. Kepala BPS Suharyanto mengatakan, salah satu faktor penyebab inflasi pada Desember lalu lebih disebabkan kenaikan harga tiket pesawat.

Menurut dia, banyak masyarakat yang melakukan perjalanan selama liburan Natal dan tahun baru sehingga permintaan tiket meningkat.

"Inflasi pada Desember juga salah satunya karena harga tiket yang meningkat," kata Suharyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (3/12/2016).

Meski tiket pesawat menjadi salah satu faktor penyumbang inflasi, harga beras dan beberapa komoditas lainnya cenderung stabil.

Hal inilah yang menyebabkan inflasi Desember terendah sejak 2010 yang biasanya cukup tinggi karena adanya libur panjang Natal dan tahun baru.

"Ini adalah inflasi Desember terendah sejak 2010," ujarnya.

Sebagai informasi, BPS telah merilis data indeks harga konsumen (IHK) atau inflasi sepanjang Desember 2016 sebesar 0,42 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari 82 kota IHK, tercatat terjadi inflasi pada 78 kota dan deflasi di empat kota.

Inflasi tertinggi terdapat di daerah Lhokseumawe, Aceh, sebesar 2,25 persen dan terendah di daerah Padang Sidempuan dan Tembilahan sebesar 0,02 persen.

Sementara itu, deflasi tertinggi terdapat di daerah Manado sebesar 1,52 persen.

Kompas TV Makanan dan Rokok, Sumber Inflasi Terbesar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.