Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tukang" Kritik China Dipilih Trump Jadi Ketua Negosiator Perdagangan

Kompas.com - 04/01/2017, 17:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden terpillih AS Donald Trump memilih Robert Lighthizer sebagai kepala negosiator perdagangan, yang bertanggung jawab menangani perjanjian dagang guna menurunkan defisit perdagangan AS.

Lighthizer adalah mantan pejabat era Presiden Ronald Reagan dan gemar melontarkan kritik tajam terhadap praktik perdagangan China.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (4/1/2017), Trump dalam kampanyenya menyatakan bakal menegosiasi ulang perjanjian perdagangan seperti NAFTA (perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara).

Selain itu, ia juga akan menghukum perusahaan-perusahaan yang "melarikan" lapangan kerja ke luar AS.

Trump mengungkapkan, pilihannya untuk menunjuk Lighthizer adalah keyakinannya bahwa Lighthizer akan membantu memperjuangkan perjanjian perdagangan yang baik dan menempatkan para pekerja AS sebagai prioritas.

Lighthizer adalah mantan deputi perwakilan perdagangan AS di bawah pemerintahan Presiden Reagan yang membantu menangkal gelombang impor dari Jepang pada era 1980-an dengan ancaman kuota dan tarif yang memberatkan.

Pun Lighthizer sudah berkarier selama hanpir 30 tahun sebagai pengacara yang mewakili produsen-produsen baja AS dan perusahaan-perusahaan lain dalam kasus-kasus anti-dumping dan anti-subsidi.

Lighthizer menyatakan bahwa China gagal menjalankan komitmen yang dibuat tahun 2001 ketika negara itu bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Ia beranggapan, taktik yang lebih kuat diperlukan untuk mengubah sistem itu, meski harus melanggar aturan WTO.

"Kepasifan selama bertahun-tahun di antara pembuat kebijakan AS telah memungkinkan defisit perdagangan AS-China kian meningkat ke titik di mana sudah dikenal secara luas bahwa ini adalah ancaman utama bagi ekonomi kita," kata Ligthizer dalam testimoni kongres tahun 2010 silam.

Ke depan, lanjut dia, pembuat kebijakan AS harus menganggap masalah ini serius dan harus mengambil pendekatan yang lebih agresif dalam menangani China.

Selain Lighthizer, Trump juga memilih Peter Navarro sebagai kepala Konsil Perdagangan Gedung Putih yang baru saja dibentuk.

Navarro adalah ekonom dan penasihat yang mendorong pendekatan cukup keras terhadap China. 

Kompas TV Usai Diancam Trump, Ford Batalkan Investasi di Meksiko

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+