Kembangkan Bandara Kualanamu, AP II akan Gandeng Partner Internasional

Kompas.com - 07/01/2017, 17:04 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

MEDAN, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP) akan menyeleksi mitra dari luar negeri yang akan digandeng dalam rangka pengembangan Bandara Kualanamu Sumatera Utara.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan akan mengembangkan airport city di lahan seluas 200 hektare yang berada di kawasan Bandara Kualanamu. Selain itu, bandara tersibuk di Pulau Sumatera ini juga akan didorong menjadi salah satu hub untuk penerbangan internasional guna mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Untuk keperluan tersebut, kami akan menjalin strategic partnership dengan pihak lain guna mengembangkan Kualanamu. Adapun kriteria bagi mitra yang akan kami gandeng adalah harus memiliki jaringan global, memiliki permodalan, serta punya kemampuan dalam pengelolaan bandara," ujarnya Sabtu (7/1/2017).

Menurut Awaluddin, pihaknya akan menggelar beauty contest dalam beberapa waktu ke depan untuk menentukan siapa partner yang akan digandeng. Bentuk kerja sama yang dijalin oleh AP II dengan mitra terpilih adalah KSO atau kerja sama operasi dalam jangka waktu di atas 20 tahun.

"Kerja sama in bukanlah untuk menjual aset yang dimiliki AP II, namun kerja sama operasi yang saling menguntungkan," jelasnya.

Bandara Kualanamu dinilai cuku strategis untuk dikembangkan menjadi hub penerbangan internasional. Salah satunya bandara ini relatif dekat dengan negara-negara tetangga di kawasan ASEAN, Asia Selatan serta Timur Tengah.

Dengan menjadikan Kualanamu sebagai hub penerbangan internasional, nantinya maskapai-maskapai internasional tidak perlu terbang hingga ke Jakarta, sehingga dinilai lebih efisien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.