Bandara Sultan Iskandar Muda Dukung Destinasi Wisata Halal di Aceh

Kompas.com - 09/01/2017, 11:52 WIB
GM Bandara Internasional Sultan Bandara Iskandar Muda Surahtam (kanan) didampingi Manajer Operasi Surkani saat memberikan paparan, Minggu (8/1/2017). KOMPAS.com/Bambang PJGM Bandara Internasional Sultan Bandara Iskandar Muda Surahtam (kanan) didampingi Manajer Operasi Surkani saat memberikan paparan, Minggu (8/1/2017).
EditorBambang Priyo Jatmiko
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda terus melakukan peningkatan layanan guna mendukung destinasi wisata halal di Aceh.
 
General Manager Bandara Iskandar Muda Surahmat menuturkan salah satu yang dilakukan untuk mendukung destinasi wisata halal tersebut adalah melakukan sertifikasi halal bagi seluruh tenant makanan dan minuman di area bandara.
 
"Selain itu, kami juga akan terus melakukan pembenahan di area bandara seperti penambahan garbarata dan juga ruang VIP. Kami melakukan pembenahan dan pengembangan ini dengan Pemda," ujarnya Minggu (8/1/2017).
 
Selain pengembangan fasilitas bandara, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda juga akan mengembangkan rute penerbangan, baik domestik internasional untuk mendatangkan wisatawan asing ke Aceh. Apalagi, bandara ini sudah memiliki runway sepanjang 3.000 meter dan bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747 dan 777.
 
Adapun rute yang akan dibuka yakni Aceh-Bandung, Aceh-Yogyakarta, dan Aceh Singapura Singapura.
 
 

Sebelumnya, bandara yang berada di bawah kelolaan PT Angkasa Pura II ini dinobatkan sebagai World’s Best Airport for Halal Travellers dalam World Halal Tourism Awards 2016.

Keberhasilan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) ini tidak lepas dari peran masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam memilih pemenang.

Tercatat sebanyak 1,89 juta voters dari 116 negara ikut menentukan pemenang dalam 16 kategori World Halal Tourism Awards ini.

Keberhasilan Bandara Internasional Iskandar Muda ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Adapun berkat program serta dukungan Kemenpar, Indonesia berhasil meraih 12 gelar juara dari 16 kategori yang dipertandinglam di World Halal Tourism Award 2016.

"Penghargaan ini adalah yang pertama bagi bandara-bandara di Indonesia, di mana pada tahun lalu yang berhasil menjadi pemenang adalah Abu Dhabi International Airport," ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (14/12/2016).

Lebih lanjut, Awaluddin menuturkan, melalui penghargaan dari World Halal Tourism Award ini, perseroan berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengembangkan Aceh sebagai destinasi wisata halal bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.