Pengeboran Pembangkit Geotermal di Sabang Ditargetkan Selesai Februari

Kompas.com - 10/01/2017, 15:45 WIB
Pipa-pipa penyalur uap dari sumur geothermal di PLTP Lahendong unit 5 dan 6 di Tompaso, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Uap yang disalurkan akan menggerakkan turbin pembangkit listrik dengan kapasitas 2x20 MW. Aprilia Ika/Kompas.comPipa-pipa penyalur uap dari sumur geothermal di PLTP Lahendong unit 5 dan 6 di Tompaso, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Uap yang disalurkan akan menggerakkan turbin pembangkit listrik dengan kapasitas 2x20 MW.
EditorAprillia Ika

SABANG, KOMPAS.com — Pengeboran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau pembangkit geotermal di Jaboi, Sabang, Aceh, ditargetkan selesai pada Februari 2017.

Dengan demikian, PLTP ini diharapkan bisa menghasilkan energi 10 megawatt sampai dengan 15 megawatt (MW).

"Kami sebagai pelaksana dipantau terus oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Februari 2017 ditargetkan selesai pengeboran pertama," kata Project Manager dan Kepala Teknis PLTP Geothermal Jaboi, Sabang, Matoyo, di Sabang, Selasa (10/1/2017).

Ia menjelaskan, pembangunan PLTP Jaboi, Sabang, yang dikerjakan oleh PT Sabang Geothermal Energi (SGE) sudah mendapat izin Kementerian ESDM.

Sesuai dengan izin yang diberikan tersebut, maka pengeboran tahap pertama harus kelar Februari.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sebagai pengusaha energi, pihaknya menginginkan pembangunan PLTP Jaboi selesai tepat waktu sebagai wujud keberhasilan pada tahap pertama.

"Tahap pertama satu lokasi pengeborannya, dan direncanakan keseluruhan ada empat titik pengeboran," katanya lagi.

Pihaknya mengakui, PT SGE akan segera menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan energinya diupayakan bisa segera disalurkan ke PT PLN (Persero).

"Nantinya energi yang dihasilkan dari panas bumi Jaboi akan kami jual ke PT PLN, dan selanjutnya PLN yang menyuplainya kepada pelanggan," ujarnya.

Project Manager dan Kepala Teknis PLTP Jaboi juga menjelaskan, sesuai dengan perkiraan awal, jika pihaknya berhasil mengerjakan PLTP Jaboi, maka energi yang dihasilkan mencapai 80 MW secara keseluruhan.

"Jika ini berhasil, energi yang dihasilkan dari panas bumi Jaboi mencapai 80 MW, dan nantinya akan bisa disuplai ke PLN Banda Aceh melalui kabel bawah laut," tuturnya.

Kompas TV Semburan Diduga Akibat Eksplorasi Panas Bumi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.