KAI Daop I Catatkan Kenaikan Penumpang Capai 18 Persen

Kompas.com - 11/01/2017, 11:25 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daerah Operasi (Daop) I Jakarta mencatat, jumlah penumpang kereta api pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017 sebanyak 574.838 orang.

Jumlah itu naik 18 persen dibandingkan musim libur akhir tahun lalu sebesar 488.602 penumpang. 

Dari jumlah penumpang yang diangkut tersebut, sebanyak 344.131 penumpang (60 persen) diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. 

Lalu sebanyak 205.522 penumpang (35 persen) dari Stasiun Gambir. 

"Sisanya dari stasiun keberangkatan lain (5 persen)," ujar Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Sapto Hartoyo, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (10/1/2017). 

Sapto menuturkan, secara umum, pelaksanaan angkutan musim libur akhir tahun kali ini berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali.

Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan kereta api pada masa angkutan Nataru tahun ini.

Dari sisi kinerja operasi, rata-rata kelambatan keberangkatan kereta api pada tahun ini adalah 1 menit, lebih baik daripada tahun lalu yang mencapai rata-rata 2 menit.

Rata-rata kelambatan kedatangan kereta api adalah 26 menit, menurun dari tahun lalu, 22 menit.

Selain itu, persentase ketepatan keberangkatan kereta api mencapai 95 persen pada masa angkutan Nataru 2016/2017 ini.

"Sementara itu, persentase ketepatan kedatangan kereta api tahun ini hanya sebesar 14 persen," imbuh Sapto. 

Sekadar informasi, KAI Daop I Jakarta telah menyiapkan 77 kereta api (KA) terdiri dari 52 KA reguler, 8 KA fakultatif, serta 17 KA tambahan, meningkat 17 persen dibandingkan jumlah tahun lalu yang hanya 66 KA.

Dari 17 KA tambahan yang disiapkan tersebut, 7 KA di antaranya melayani rute Jakarta-Bandung dan mulai dioperasikan secara bertahap sejak 24 Desember 2016.

Kompas TV Menhub Jonan Sidak Stasiun Gambir
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.