Kompas.com - 11/01/2017, 17:34 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUPANG, KOMPAS.com - Sejumlah pedagang di Pasar Kasih Naikoten, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sepakat menjual cabai dengan harga Rp 100.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang Pasar Kasih, Okto Taolin kepada sejumlah wartawan Rabu (11/1/2017) mengatakan, harga tersebut sudah berlangsung sejak akhir Desember 2016 lalu.

“Harga Rp 100.000 per kilogram tersebut untuk cabai merah ukuran kecil. Untuk cabai berukuran besar dan sedang dijual dengan harga Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per kilo gram. Cabai itu kita beli dari petani dari Kabupaten Rote Ndao,” kata Okto.

Dia mengaku tidak tahu persis penyebab harga cabai yang melambung tinggi itu. Ia menduga stok cabai yang berkurang di pasaran menjadi dasar kenaikan harga itu.

Sementara itu Jhony pedagang lainnya mengatakan, cabai yang dijualnya berasal dari Oenlasi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Mone mengaku, cabai merah sebelumnya dijual dengan harga Rp 30.000 sampai Rp 50.000 per kilo gram.

"Sekarang ini yang lombok kecil itu sudah naik harga Rp 100.000 per kilogram. Sudah naik sejak Natal itu sampai sekarang," kata Jhony.

Untuk cabai besar, ia menjualnya dengan harga Rp 40.000 per kilo gram dari harga sebelumnya Rp 20.000.

Jhony mengaku, harga cabai ini merupakan yang tertinggi dalam tahun 2016 lalu. Meski begitu, penjualan cabai tetap berlangsung normal dan terjual habis.

“Kebanyakan yang beli cabai perkilo itu adalah pengusaha makanan. Masyarakat umumnya hanya beli cabai yang kita jual pada gelas seharga Rp 10.000,”kata Jhony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.