Usai Kasus JP Morgan, Kemenkeu Ingin Kerja Sama Saling Menguntungkan

Kompas.com - 12/01/2017, 21:38 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menginginkan kerja sama yang dijalin pemerintah dengan lembaga keuangan internasional harus saling menguntungkan, bukan justru merugikan salah satu pihak.

Seperti diketahui, pemerintah baru saja memutus kerja sama dengan JP Morgan Chase Bank lantaran riset lembaga keuangan tersebut justru merugikan Indonesia.

"Kalau kami bilang (kerja sama harus ) kredibel lah. Bukan kayak jual obat yang penting laku dulu," ujar Direktur Strategis dan Portofolio Utang Kemenkeu Schneider Siahaan di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sebelum didepak, JP Morgan merupakan dealer utama penerbitan Surat Utang Negara (SUN) Indonesia.

Tugasnya yaitu mencari pembeli SUN yang diterbitkan Indonesia. Namun lembaga keuangan asal AS itu justru menurunkan portofolio strategis Indonesia dari Overweight ke Underweight, tanpa memberikan penjelasan rinci. Akibatnya, investor justru tidak tertarik membeli SUN Indonesia.

"Dia agen penjual tetapi dia bilang jangan beli, jangan beli. Gimana dia jualnya? Itu kan lucu," kata ia.

Meski begitu, Schneider kembali menegaskan bahwa Kemenkeu tidak anti kritik terhadap hasil riset lembaga keuangan internasional.

Namun para patner pemerintah harus juga melihat kerja sama yang selama ini terjalin. "Paling tidak dia harus jaga agar dampaknya jangan merugikan (Indonesia)," ucap Schneider.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.