Maskapai Penerbangan di AS Ramai-ramai "Pensiunkan" Boeing 747

Kompas.com - 13/01/2017, 09:00 WIB
Pesawat terbang yang akan digunakan oleh Iron Maiden untuk The Book of Souls World Tour 2016 merupakan pesawat Boeing 747-400 Jumbo Jet. www.ironmaiden.comPesawat terbang yang akan digunakan oleh Iron Maiden untuk The Book of Souls World Tour 2016 merupakan pesawat Boeing 747-400 Jumbo Jet.
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com — Ada yang mengibaratkan maskapai penerbangan AS tanpa pesawat jumbo Boeing 747 bak sayur tanpa garam.

Tampaknya, rasa hambar tersebut akan terwujud karena maskapai penerbangan AS akan memensiunkan Boeing 747 dari jajaran pesawat mereka.

Mengutip CNN Money, Jumat (13/1/2017), maskapai penerbangan United Airlines mengumumkan rencana percepatan untuk penghentian penggunaan Boeing 747.

Rencana awalnya, United Airlines akan berhenti menggunakan Boeing 747 pada tahun 2018. Akan tetapi, mulai Oktober 2017 mendatang, maskapai tersebut tidak lagi menggunakan pesawat Boeing 747-700 yang dimilikinya.

Selain United Airlines, maskapai Delta Air Lines juga akan berhenti mengoperasikan Boeing 747-400 yang dimilikinya pada tahun 2017 ini.

"Ini adalah langkah yang cukup menyakitkan. Pesawat jumbo jet ini memiliki siluet yang pernah merepresentasikan mahakarya dalam perjalanan di udara," ujar Presiden United Airlines Scott Kirby dalam pernyataannya.

Pesawat yang dijuluki Ratu Angkasa tersebut telah melengkapi jajaran pesawat United Airlines selama hampir 50 tahun.

Pesawat tersebut kali pertama digunakan United Airlines pada tahun 1970, melayani rute penerbangan California-Hawaii.

Pesawat Boeing 747-400 alias seri ketiga milik United beroperasi kali pertama tahun 1989. Pesawat ini dikenal karena daya tahannya, bisa terbang non-stop dari AS maupun Eropa menuju Asia, meski jumlah kursi yang mencapai 400 unit di dalamnya tidak terisi penuh.

Akan tetapi, 28 tahun kemudian, cahayanya redup. Mahalnya perawatan, boros bahan bakar, hingga sepinya minat penumpang United membuat pesawat superbesar ini tidak lagi semegah saat pertama muncul.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.