Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antam dan Badan Geologi Kementerian ESDM Kerja Sama Eksplorasi Emas

Kompas.com - 13/01/2017, 17:25 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk dan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama tentang Penyelidikan dan Pengembangan di Bidang Geologi.

Penandatanganan MoU ini sekaligus untuk menegaskan kerja sama dan komitmen dua lembaga itu dalam melaksanakan kegiatan penyelidikan dan pengembangan teknologi eksplorasi di bidang geologi khususnya terkait sumberdaya mineral logam (emas).

Kepala Badan Geologi KESDM, Ego Syahrial mengatakan, kerja sama ini merupakan kerja sama periode kedua yang akan berlangsung dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2022.

"Tujuan saat ini lebih mengedepankan pada kerja sama dalam sisi geologi, sumber daya geologi yang lingkupnya diperluas seperti penyelidikan dan pengembangan geologi, sarana survey dan laboratorium serta peningkatan sumber daya manusia," ujar Ego dalam keterbukaan informasi, Jumat (13/1/2017).

Ego menambahkan, saat ini Kementerian ESDM telah menetapkan arah kebijakan sektor ESDM yang salah satunya meningkatkan kemampuan pasokan energi dan sumber daya mineral melalui peningkatan eksplorasi dan produksi bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, dimulai dari proses eksplorasi, penemuan cadangan hingga eksploitasi.

"Tugas Badan Geologi di sini adalah melakukan penelitian, penyelidikan dan pengembangan serta pelayanan," tambahnya.

Direktur Utama Antam, Tedy Badrujaman menjelaskan, sinergi antara Antam dan Badan Geologi Kementerian ESDM merupakan hal yang strategis untuk memperkuat masing-masing institusi terkait dengan bidang geologi.

Antam yang telah berdiri sejak tahun 1968 dan melalui unit Geomin yang dimiliki telah berpengalaman dalam bidang eksplorasi pertambangan khususnya mineral yang memiliki nilai ekonomis seperti nikel, emas, dan bauksit.

"Penyelidikan dan pengembangan bidang geologi bersama Badan Geologi Kementerian ESDM akan memperkuat portofolio Antam khususnya untuk menghasilkan produk yang berkualitas, sumber daya manusia yang berpengalaman serta pelayanan prima," terang Tedy.

Menurut Tedy, sebagai perusahaan berbasis sumber daya alam, penemuan cadangan baru diperlukan untuk menjamin keberlangsungan perusahaan.

Dengan demikian kegiatan eksplorasi adalah komitmen investasi jangka panjang dan diharapkan Antam dapat memanfaatkan data hasil penelitian yang ada untuk memberikan arahan area eksplorasi sehingga dapat meningkatkan rasio sukses keberhasilan penemuan cadangan baru.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com