Kompas.com - 13/01/2017, 22:49 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla Kompas.com / Dani PrabowoWakil Presiden Jusuf Kalla
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla memandang sektor keuangan ibarat darah bagi perekonomian.

Layaknya darah di dalam tubuh, tanpa sektor keuangan maka perekonomian nasional tidak bisa berjalan dengan baik.

"Sektor keuangan ibarat darah. Tanpa darah tubuh tidak bisa bergerak dengan baik," kata JK saat memberikan sambutan pada acara Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

JK menjelaskan, hampir semua penyakit maupun kesehatan tubuh dapat diukur dengan darah. Begitu pula dengan perekonomian suatu bangsa, dapat diukur maju atau mundurnya dari kesehatan sektor keuangan.

"Orang menilai dari kurs, harga saham, cadangan devisa, atau defisit. Semua dinilai banyak hal dari keuangan, kesehatan atau masalah ekonomi kita," jelas JK.

Menurut JK, pemerintah merasa bersyukur bahwa Indonesia dapat melalui gejolak perekonomian dengan baik pada tahun 2016.

Padahal, di berbagai belahan dunia, seperti AS, China, Eropa, maupun Timur Tengah mengalami permasalahan dalam perekonomian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, perekonomian Indonesia berhasil melewati tahun 2016 dengan mencatat pertumbuhan yang baik. Kinerja perekonomian tersebut, kata dia, merupakan prestasi semua pihak khususnya lembaga jasa keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.