"Tax Amnesty" Periode Ketiga Tetap Sasar Segmen Profesional

Kompas.com - 16/01/2017, 18:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan bahwa program tax amnesty atau pengampunan pajak sudah memilki sasaran. Namun sasarannya tidak jauh berbeda dengan periode kedua lalu.

"Selain usaha kecil menengah yang kami anggap memang suatau target namun dari sisi jumlah partisipan kami masih berharap dari banyak sekali baik dari sisi profesional dan sektor-sektor," ujar Menkeu di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Perempuan yang kerap disapa Ani itu mengatakan, Ditjen Pajak akan menggunakan data-data hasil pelaksanaan tax amnesty pada periode pertama dan kedua untuk mempertajam strategi pada periode ketiga. Temasuk untuk menentukan segmen sasaran tax amnesty.

Ani menuturkan, hingga saat ini banyak segmen ekonomi formal yang memiliki potensi untuk terus digenjot kepatuhan pajaknya. Segmen tersebut yaitu sektor pertambangan dan perikanan.

"Jangan lupa untuk 2017 kan kami juga butuhkan target penerimaan pajak yang cukup tinggi. Untuk itu kami akan gunakan seluruh data ini dan akan lakukan kampanye," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Seperti diketahui, sejak 1 Januari 2017 lalu, program tax amnesty atau program pengampunan pajak sudah memasuki periode ketiga atau yang terakhir. Program tersebut akan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang.

Sejak periode kedua lalu, pemerintah kembali menggencarkan sosialisasi tax amnesty sudah menyasar berbagai segmen profesional mulai dari pengajaran, kurator, notaris, pekerja tambang, hingga dokter.

Kompas TV Dirjen Pajak Terus "Blusukan" Ajak Ikut Amnesti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.