Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tax Amnesty" Periode Ketiga Tetap Sasar Segmen Profesional

Kompas.com - 16/01/2017, 18:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan bahwa program tax amnesty atau pengampunan pajak sudah memilki sasaran. Namun sasarannya tidak jauh berbeda dengan periode kedua lalu.

"Selain usaha kecil menengah yang kami anggap memang suatau target namun dari sisi jumlah partisipan kami masih berharap dari banyak sekali baik dari sisi profesional dan sektor-sektor," ujar Menkeu di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Perempuan yang kerap disapa Ani itu mengatakan, Ditjen Pajak akan menggunakan data-data hasil pelaksanaan tax amnesty pada periode pertama dan kedua untuk mempertajam strategi pada periode ketiga. Temasuk untuk menentukan segmen sasaran tax amnesty.

Ani menuturkan, hingga saat ini banyak segmen ekonomi formal yang memiliki potensi untuk terus digenjot kepatuhan pajaknya. Segmen tersebut yaitu sektor pertambangan dan perikanan.

"Jangan lupa untuk 2017 kan kami juga butuhkan target penerimaan pajak yang cukup tinggi. Untuk itu kami akan gunakan seluruh data ini dan akan lakukan kampanye," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Seperti diketahui, sejak 1 Januari 2017 lalu, program tax amnesty atau program pengampunan pajak sudah memasuki periode ketiga atau yang terakhir. Program tersebut akan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang.

Sejak periode kedua lalu, pemerintah kembali menggencarkan sosialisasi tax amnesty sudah menyasar berbagai segmen profesional mulai dari pengajaran, kurator, notaris, pekerja tambang, hingga dokter.

Kompas TV Dirjen Pajak Terus "Blusukan" Ajak Ikut Amnesti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com