Kemenhub Minta AS Kembangkan Teknologi Baru di Bandara Indonesia

Kompas.com - 17/01/2017, 18:15 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (11/1/2017), mengunjungi kediaman Taruna Tingkat I Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda almarhum Amirullah Putra, di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta.  Achmad FauziMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (11/1/2017), mengunjungi kediaman Taruna Tingkat I Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda almarhum Amirullah Putra, di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta. 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus meningkatkan kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dalam bidang penerbangan.

Salah satunya, meminta Amerika Serikat untuk mengembangkan bandara-bandara di Indonesia dari sisi teknologi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, banyak manfaat yang didapatkan melalui kerja sama dengan Amerika Serikat.

Menurut dia, kerja sama yang sudah terjalin dapat meningkatkan kapasitas dunia penerbangan Indonesia.

Namun, dirinya tidak memberitahukan lebih lanjut teknologi seperti apa yang bakal dikembangkan Amerika Serikat di bandara-bandara Indonesia.

"Harapan kita dunia aviasi Amerika Serikat bisa mendukung kegiatan-kegiatan penerbangan di Indonesia. Khususnya Bandara Soekarno-Hatta yang akan dilengkapi. Sehingga, membuat Indonesia makin kompetitif dan kolaborasi dengan Amerika Serikat semakin baik," ujar Budi Karya dalam Working Group dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Selain itu, ungkap Budi Karya, rencana pembukaan penerbangan dari Indonesia ke Amerika Serikat dapat mererat kerja sama dalam bidang penerbangan.

Tidak hanya itu, rencana pembukaan penerbangan tersebut mempunyai nilai lebih pada sektor pariwisata yakni, dapat mendatangkan turis dari Amerika Serikat untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Indonesia.

"Hal ini menunjukan hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat begitu dekat, dan konsisten tiap tahun ini dilakukan secara terus menerus," katanya.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph R Donovan Jr, mengatakan Indonesia merupakan mitra penting Amerika Serikat untuk melakukan kerja sama. Menurut dia, Indonesia dan Amerika Serikat mempunyai kepentingan bersama untuk memajukan sektor penerbangan dunia.

Donovan pun menuturkan, teknologi yang akan dikembangkan di bandara yakni pada Air Traffic Control (ATC). Donovan juga akan membawa pengusaha asal negaranya untuk berinvestasi mengembangkan dunia penerbangan di Indonesia.

"Indonesia anggota ASEAN, anggota G20 yang mempunyai ekonomi terbesar di ASEAN. Sangat penting untuk bisa kerja sama dengan Indonesia, kerja sama ini akan jadi mitra luar biasa," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.