Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Waralaba Jepang Masih Besar

Kompas.com - 20/01/2017, 13:39 WIB


KOMPAS.com - Pasar waralaba Jepang hingga kini masih besar. Angkanya, menurut data termutakhir dari laman franchisetime.com mencapai 198 juta dollar AS. Angka sebesar ini menobatkan Jepang sebagai terbesar kedua di dunia di bawah Amerika Serikat (AS).

Laman itu juga menulis bahwa salah satu andalan waralaba asal Jepang adalah makanan sehat. " Orang Jepang menyukai makanan sehat," tulis pernyataan laman tersebut.

Tak hanya di dalam negeri, bisnis waralaba Jepang juga menyasar pasar potensial mancanegara. Salah satunya Indonesia.
 

Hal ini terlihat dari ekspansi Humax Group sebagai perusahaan induk (holding company) dari Wondertable yang menjadi operator restoran bernama Mo-Mo Paradise. Indonesia adalah cabang yang ke-68 di dunia. "Kami mempunyai cabang di AS dan Asia," kata Asisten Manajer Departemen Bisnis Internasional Mo-Mo Paradise Worldwide Masaya Kobayashi, kemarin.

Humax  pada laman resminya menyebut Taiwan, Thailand, China, Vietnam, dan Kamboja sebagai bagian dari perluasan bisnisnya. Mo-Mo pertama kali membuka restoran di Jepang pada 1992.

Menurut penjelasan Kobayashi, pihaknya menyajikan bahan masakan otentik. Artinya, bahan itu didatangkan lansung dari Jepang. "Saus sup salah satunya yang didatangkan langsung dari Jepang," tuturnya.

Sementara itu, kata pemilik Restoran Mo-Mo Paradise Indonesia, Nicko Christian, makanan di restoran itu tidak menggunakan penyedap rasa MSG. "Ini standar tinggi dari Jepang," tuturnya.

Mengusung semboyan Asia Number One All You Can Eat Authentic Shabu-shabu and Sukiyaki Restaurant, Restoran Mo-Mo Paradise terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com