Kompas.com - 20/01/2017, 15:07 WIB
Ilustrasi uang SHUTTERSTOCKIlustrasi uang
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SEMARANG, KOMPAS.com – Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (BPD Jateng) akan memperluas cakupan kredit bagi warga yang hendak mengembangkan usahanya di tahun ini.

Warga ataupun nasabah bisa mengambil program dari suku bunga rendah yang telah diluncurkan tahun lalu.

Direktur Bisnis Bank Jateng Pujiono mengatakan, program kredit rendah untuk masyarakat kecil dan menengah ini menunjukkan tren positif. Program yang diluncurkan tahun 2016 seperti mitra 02 dan mitra 7 tetap dilanjutkan tahun 2017 ini.

“Target kami di bulan Maret 2017 penyaluran kredit sudah sampai Rp 300 Miliar,” kata Pujiono, Jumat (20/1/2017).

Bank Jateng memperkenalkan dua unit produk kredit bunga rendah ke dalam program Mitra 25 dan Mitra 02. Dua program itu disalurkan tanpa adanya agunan atau jaminan.

Produk KUR Mitra 25 dikenakan bunga 7 persen per tahun dengan plafon maksimal Rp 25 juta, sementara Mitra 02 sebesar 2 persen maksimal Rp 2 juta.

Pada tahun ini, perseroan mengalokasikan Rp 400 miliar untuk program tersebut, atau 1 persen dari aset bank yang mencapai Rp 40,8 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pujiono mengatakan, pihaknya akan menyalurkan kredit untuk berbagai sektor seperti pertanian, perdagangan, hingga sektor perikanan dan kelautan. 

“Wilayah Jepara saat ini sudah ada 493 nasabah dengan plafon 8,1 M. Kita tidak bicara berapa nasabah yang masuk, tapi outsanding yang digunakan. Orang kan butuh modal variasi, makin kecil plafon, maka makin banyak nasabah yang bisa masuk,” tambahnya.

Terkait program ini, Bank Jateng mengaku tidak ada masalah. Tunggakan kredit bermasalah sejauh ini masih berjalan normal. “2016 kemarin belum ada NPL, selama ini masih nol. Semua masih lancar,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.